BERITA #KONVENSI CALON PRESIDEN PARTAI DEMOKRAT

Dahlan: Anggaran Jangan Terkonsentrasi di Jakarta

 





JAKARTA, KOMPAS.com — Anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) seharusnya tak hanya terkonsentrasi di Jakarta dan Pulau Jawa. Pemberitaan media yang "Jakarta-centris" disebut turut berperan pada konsentrasi anggaran itu.

"Banjir di Jakarta misalnya, media memberitakannya dengan luar biasa, melupakan pengungsi (Gunung) Sinabung, pemberitaan Papua," ujar peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat, Dahlan Iskan.

Dahlan menyampaikan pemikirannya itu dalam diskusi Prospek Pemilu 2014 Dahlan Iskan-Mahfud MD, di Padepokan Demi Indonesia, Jakarta Selatan. Menurut dia, media massa dan tokoh harus menggalang opini yang kuat untuk pemerataan ekonomi.

"Jangan sampai bilang kita memperhatikan Indonesia Timur, luar Jawa, tapi implementasinya tidak seperti itu," kata Dahlan. Anggaran, tegas dia, adalah implementasi keberpihakan yang paling nyata.

Terlebih lagi, kata Dahlan, banyak program kegiatan di Jakarta yang bisa dilakukan tanpa perlu menyedot dana besar dari APBN. Untuk mengurangi banjir, misalnya, Menteri BUMN ini mengatakan, Jakarta bisa membangun tiga dam di jalur Sungai Ciliwung.

Selain untuk antisipasi banjir, kata Dahlan, dam juga bisa menjadi solusi untuk pemenuhan kebutuhan air minum. "Biaya proyek pun bisa dikurangi dari menjual air minum," ujar dia. 

 

No comments:

Post a Comment