BERITA #KONVENSI CALON PRESIDEN PARTAI DEMOKRAT

Dino Patti Djalal: 2014, Demokrat Tak Bisa Jual SBY

 




JAKARTA, KOMPAS.com — Peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat, Dino Patti Djalal, mengatakan bahwa Partai Demokrat terus berupaya meningkatkan elektabilitasnya jelang Pemilu Legislatif 2014. Menurut Dino, saat ini Partai Demokrat tidak bisa lagi menjadikan sosok Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai barang dagangan politik.

"Yang jadi bintang (pada pemilu) 2004 dan 2009 itu SBY. Tapi (pemilu) 2014, dagangannya bukan lagi SBY," kata Dino saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, Selasa (21/1/2014).

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat itu mengatakan, ada dua cara untuk meningkatkan elektabilitas Partai Demokrat. Pertama, kata dia, terletak pada konvensi yang menampilkan kesebelasan bakal calon presiden.

"Dalam 3 sampai 4 bulan ke depan, efektivitas sebelas capres itu diperlukan dalam menawarkan ide-ide segar sehingga publik dapat menilai kalau konvensi orangnya bagus-bagus nih," kata Dino.

Cara kedua, ia melanjutkan adalah melalui caleg-caleg Partai Demokrat. Para caleg tersebut, kata dia, harus menjadi agen perubahan dengan menampilkan sosok wakil rakyat yang kompeten sekaligus merakyat.

Selain itu, Dino juga mengatakan dirinya tidak memiliki terobosan untuk meningkatkan elektabilitas partai, termasuk dirinya. Kendati demikian, salah satu cara yang bisa dipakai oleh para peserta konvensi dan caleg adalah dengan mengomunikasikan keberhasilan Partai Demokrat menjalankan roda pemerintahan.

"Saya pikir selama satu dekade ini cukup gemilang ya. Salah satu ukurannya, PDB (Produk Domestik Bruto) kita naik 2 kali lipat. Pendapatan per kapita juga naik empat kali lipat," tandasnya.

 

No comments:

Post a Comment