BERITA #KONVENSI CALON PRESIDEN PARTAI DEMOKRAT

Pramono Ingin Semua Pulau Terluar Dijaga Tentara

 




SURABAYA, KOMPAS.com — Peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo mengatakan, harus ada pasukan tentara yang khusus ditempatkan untuk menjaga pulau terluar Indonesia. Hal itu untuk menghindari perebutan pulau terluar oleh negara tetangga.

"Penempatan pasukan di pulau terdepan adalah penting. Andai semua pulau kita bisa diduduki jauh lebih baik. Yang terdepan yang paling mungkin diambil negara lain harus didahului," kata Pramono pada acara debat peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat (PD) di Grand City Convention Center, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/2/2014).

Ia mengatakan, jika masih ada pulau di wilayah perbatasan yang belum diduduki pasukan TNI, negara harus tetap dapat menguasainya dengan teknologi pertahanan. Dengan begitu, pulau tersebut tetap dapat terawasi meski jumlah prajurit TNI terbatas.

Menurutnya, pemerintah juga tidak boleh alpa menyejahterakan prajurit TNI yang bertugas di pulau terluar. "Jangan lupa tempatkan orang dengan fasilitas kehidupan. Dengan begitu, dia fokus untuk mempertahankan NKRI," kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat itu.

Hal yang sama disampaikan peserta Konvensi lain, Endriartono Sutarto. Dia mengatakan, harus ada kebijakan untuk menempatkan batalyon marinir di perbatasan.

"Untuk menjamin tidak satu pun jengkal negara kita diambil, agar NKRI tak terpecah," katanya dalam kesempatan yang sama.

Peserta Konvensi Anies Baswedan mengatakan, keluarga prajurit yang ditempatkan di pulau terluar harus disejahterakan. "Pastikan mereka yang bertugas di depan bisa bertugas tenang. Keluarga ditanggung kesejehateraan hajat hidup terjaga," kata Anies.

 

No comments:

Post a Comment