BERITA #KONVENSI CALON PRESIDEN PARTAI DEMOKRAT

Apa yang Jadi Fokus Para Capres Demokrat?

 





PALEMBANG, KOMPAS.com - Apa satu fokus yang akan dibenahi calon presiden Konvensi Partai Demokrat jika mereka terpilih menjadi calon presiden? Pertanyaan tersebut menjadi pertanyaan pertama moderator Rully Charis dalam debat Konvensi Demokrat di Sport and Convention Center, Palembang, Jumat (24/1/2014) malam.

Debat ini dibagi ke dalam dua sesi. Sesi malam itu diikuti oleh Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo, Anggota Komisi I DPR Fraksi Demokrat Hayono Isman, Ketua DPD Irman Gusman, Menteri BUMN Dahlan Iskan, dan Anggota BPK Ali Masykur Musa.

Kelima peserta harus menjawab pertanyaan tersebut dalam waktu tiga menit. Pramono yang mendapat giliran pertama menjawab singkat. Dia mengaku akan berfokus kepada masalah keamanan. Menurutnya, jika Indonesia aman, maka tak akan ada masalah berarti yang dapat timbul. Selain itu, dia juga akan berfokus kepada ketahanan pangan.

Selanjutnya, Hayono mengaku akan berfokus kepada daerah. Selama ini, menurutnya infrastruktur yang ada di daerah dan di pusat mengalami ketimpangan. "Di Sumatera Selatan saja jalan banyak yang rusak. Jalan hanya bertahan setahun sampai dua tahun, kemudian harus diperbaiki lagi," ujar dia.

Hayono pun mengaku akan mengaudit proses pembangunan jalan. Bahkan audit tersebut menurutnya akan melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sementara itu, Irman mengingatkan kembali kepada amanat konstitusi, yakni menciptakan masyarakat yang adil dan makmur. Menurutnya, tidak boleh ada kemiskinan di negeri Indonesia ini.

"Kita tidak boleh melupakan sejarah, konstitusi mengamanatkan kita hal itu," ujarnya.

Selanjutnya, Dahlan Iskan mengaku akan berfokus pada modernisasi pertanian. Menurutnya, Indonesia sebagai negara agraris memiliki potensi yang besar di sektor pertanian. Sayangnya, hal terebut belum ditunjang dengan dengan modernisasi. Pertanian masih menggunakan alat-alat tradisional sehingga hasilnya kurang maksimal.

"Karena hanya boleh memilih satu, saya sangat memproritaskan modernisasi pertanian ini," ujarnya.

Terakhir, Ali Masykur mengaku akan sering bertemu dengan berbagai kelompok masyarakat dan menanyakan apa yang mereka inginkan. "Saya tanya rakyat, apa yang diinginkan oleh mereka? Mereka jawab pengen hidup saya ayem dan tentrem. Jadi saya akan menjadikan hidup masyarakat Indonesia ayem dan tentrem," jelasnya.

 

No comments:

Post a Comment