BERITA #KONVENSI CALON PRESIDEN PARTAI DEMOKRAT

Peserta Konvensi Demokrat Ini Terus Berkeliling

 





TEMPO.CO, Semarang - Salah satu peserta konvensi calon Presiden RI di Partai Demokrat, Jenderal (Purn) Endriartono Sutarto, mengatakan dirinya belum mengeluarkan banyak uang untuk menyukseskan pencalonannya. Tapi, bekas Panglima TNI itu mengaku sudah berkeliling Indonesia untuk mensosialisasikan pencalonannya.

"Saya keliling Indonesia enggak berbiaya mahal. Biaya paling hanya tiket pesawat. Saya pake (maskapai penerbangan) Lion Air, kan murah. Walaupun (penerbangannya) di-cancel-cancel," kata Endriartono Sutarto di Semarang, Jawa Tengah.

Endriartono enggan menyebutkan berapa dana yang disiapkan maupun yang sudah dikeluarkan untuk keperluan pencalonannya dalam konvensi yang digelar Partai Demokrat. "Saya enggak tahu persis karena diurus tim, saya tinggal jalan saja," kata dia.

Endriartono mengakui popularitasnya dibanding calon lain masih kalah. Apalagi karena dia sudah pensiun menjadi panglima pada 2006 lalu.

"Saya turun (sebagai Panglima TNI) tujuh tahun lalu sehingga banyak generasi muda yang sudah tak mengenal saya," kata dia. Atas dasar itu, dia pun merasa harus bekerja keras. Dalam beberapa kali keliling, Endriartono selalu berkoordinasi dengan pengurus cabang Partai Demokrat. Hal ini seperti saat sosialisasi di Nias. Saat itu, DPC Partai Demokrat Nias memfasilitasi kegiatan Endriartono bersama masyarakat.

Endriartono mengakui hingga kini gaung pelaksanaan konvensi di Partai Golkar masih kurang gereget. Sebab, tahapannya baru mempersilakan semua peserta konvensi melakukan sosialisasi ke masyarakat dengan caranya sendiri-sendiri. Dalam waktu dekat, kata dia, Komite Konvensi Partai Demokrat juga akan mengkoordinasi kegiatan para calon secara bersama-sama.

Meski tak begitu diperhitungkan, Endriartono masih tetap optimistis bersaing dengan peserta konvensi yang lain. "Saya siap menang dan siap kalah, tapi tak boleh pesimistis. Enggak boleh berhenti," kata dia.

Dalam konvensi, di Partai Demokrat ada 11 peserta yang akan dijaring menjadi calon presiden. Sebelas peserta itu adalah Ali Masykur Musa, Marzuki Alie, Pramono Edhie Wibowo, Irman Gusman, Hayono Isman, dan Anies Rasyid Baswedan. Selanjutnya, ada Sinyo Harry Sarundajang, Endriartono Sutarto, Gita Wirjawan, Dino Patti Djalal, dan Dahlan Iskan.

 

No comments:

Post a Comment